Sejumlah Kapal Tugboat yang Berlayar di Perairan Molawe Dikabarkan Ditangkap Ditpolairud Polda Sultra

Terkini.id, Kendari – Potensi Pertambangan di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang sangat melimpah sayangnya tidak dibarengi dengan kaidah penambangan yang baik oleh sejumlah perusahaan tambang.

Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara dikabarkan telah menangkap sejumlah kapal penarik tongkang (tugboat). Kapal tersebut ditangkap di sekitar Perairan Molawe, Kabupaten Konawe.

Hal itu dibenarkan salah seorang personel Ditreskrimum Polda Sultra yang ikut dalam operasi tersebut.

Baca Juga: KUPP Molawe Diduga Main Mata dengan Tiga Pemilik Kapal Tongkang...

“Dalam kegiatan itu saya hadir. Saya tidak sempat menghitung, tapi yang mendata itu rata-rata anggota Polair. Kita hanya lakukan saja pemeriksaan pada kapten-kapten kapal,” kata salah satu personel Ditreskrimum Polda Sultra yang ikut dalam operasi tersebut.

Dia mengatakan hanya bagian mengambil,  selebihnya pemeriksaan dilakukan Subdit Polairud Polda Sultra.

Baca Juga: Diduga Berlayar Tanpa Legalitas Tiga Kapal Tongkang Ditangkap Lanal Kendari

“Saya bagian mengambil saja. Itu hari ada sekitar dua atau tiga orang itu untuk diperiksa. Coba konfirmasi saja ke Kasubdit Polairud karena dia Kasatgas. Mereka yang lakukan pemeriksaan,” tegasnya.

Selain itu saat Jurnalis mengkonfirmasi ke Kompol Wahyu selaku Kasubdit Ditpolairud Polda Sultra, dirinya juga membenarkan penangkapan tersebut.

“Iya, tapi yang di-sprin itu atasan (Dirpolairud), mending konfirmasi ke Pak Direktur Polairud Polda Sultra. Kalau Dirpolairud saja tidak mau kasih keterangan, apa lagi saya,” ucapnya.

Baca Juga: Diduga Berlayar Tanpa Legalitas Tiga Kapal Tongkang Ditangkap Lanal Kendari

Jurnalis juga berusaha mengkonfirmasi Dirpolaair Polda Sultra Kombes Pol. Suryo Aji, namun sampai berita ini diterbitkan belum mendapatkan tanggapan.

Untuk diketahui berdasarkan informasi yang diterima Jurnalis, dari hasil operasi tersebut sebanyak 9 (sembilan) kapal tagboat beserta tongkangnya diamankan.

Bagikan