Bakal Gelar Advance Training, BADKO HMI Sultra Rangkaikan dengan Giat Vaksinasi

Terkini.id, Bau-bau – Bakal menggelar kegiatan Advance Training, Badan Koordinasi (BADKO) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sulawesi Tenggara (Sultra) merangkaikan dengan kegiatan vaksinasi, Senin 2 Agustus 2021.

Kegiatan tersebut dilakukan guna mendukung langkah Pemerintah untuk mempercepat vaksinasi.

Ketua Umum Badko HMI Sultra Andi Baso Amirul Haq menyampaikan bahwa selama ini penyelenggaraan LK III HMI di Sultra selalu dilaksanakan di Kota Kendari sebagai ibukota Sultra. Dibawah kepemimpinannya sebagai Ketua Umum Badko HMI Sultra, ia mendorong agar kegiatan pangkaderan HMI di Sultra tidak melulu berpusat di Kota Kendari, karena itu penting untuk mendistribusi tempat pelaksanaan kegiatan pengkaderan yang skalanya regional di sejumlah daerah di Sultra, dan Kota Baubau dipilih karena dinamika pengkaderan HMI di Kota Baubau begitu dinamis. 

Baca Juga: BADKO HMI Sultra Suport Rencana Pembangunan Smelter Tiran Group di...

“Dalam beberapa tahun sebelum masa pendemi, Intermediate Training/Latihan Kader II (LK II) HMI terus terjaga kesinambungan pelaksanaannya oleh pengurus HMI Cabang Baubau. Kami berharap, kader HMI di Kepton harus memainkan peran sebagai episentrum intelektual di Sultra,” katanya.

Lanjut Baso sapaan akrabnya menambahkan Pertimbangan lainnya bahwa Kota Baubau sangat strategis posisinya di Sultra sebagai sentrum dari sejumlah wilayah di Kepulauan Buton. 

Baca Juga: DPD KNPI Busel Harap Bupati Maksimalkan Alokasi Anggaran Guna Pembangunan...

Baso juga menambahkan, untuk pra kegiatan LK III ini, pihaknya akan membuka Gerai/Sentra vaksinasi kepemudaan di Kota Baubau, melihat capaian Vaksinasi baru 23,04% dosis pertama dan 9,68% dosis kedua untuk Kota Baubau.

“Kuncinya pentahelix peran-peran kepemudaan dalam hal ini HMI harus membantu pemerintah untuk akselerasi capaian Vaksinasi untuk Herd Immunity/Kekebalan kelompok karena menyoal pandemi semua harus terlibat dan tanggung jawab untuk keluar dari Era ini,” tambahnya.

Sejalan dengan rencana kegiatan tersebut, DR Roni Muhtar selaku Sekda Kota Baubau secara prinsip sangat mengapresiasi dan mendukung berbagai kegiatan kemahasiswaan dan kepemudaan yang diselenggarakan di Baubau. 

Baca Juga: Ketua Umum BADKO HMI Sultra, Candra Arga Memantapkan Diri Maju...

“HMI ini organisasi besar, kadernya banyak dan ada dimana-mana. Makanya, untuk kegiatan semacam LK III HMI lingkup Sultra yang akan diikuti oleh berbagai kader terbaik HMI di Sultra, saya ikut bangga dengan dipilihnya Baubau sebagai  tempat pelaksanaan LK III,” ucapnya.

Pihaknya menegaskan Pemda kota Baubau akan mensuport kegiatan ini dengan tentu tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam pelaksanaanya mengingat saat ini pemerintah Kota Baubau terus berjuang menekan dan mengendalikan pendemi Covid-19 di Kota Baubau. 

Roni, yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Kosgoro Sultra ini melanjutkan, meskipun dalam suasana pendemi, ia tetap mendukung kegiatan pengkaderan di HMI karena ini menyangkut kesinambungkan kaderisasi. 

“Pengkaderan itu penting dan tetap harus jalan, hanya nanti tinggal diatur bagaimana teknis pelaksanaannya. Panitia harus jaga protokol kesehatan”, ungkapnya. Ia juga berharap kedepan, kader-kader HMI dapat berkonstribusi dan bersinergi dalam berbagai kegiatan pembangunan khsusnya program-program pemberdayaan mahasiswa dan pemuda,” bebernya.

Pada kesempatan yang sama, sekretaris panitia LK III Yurfin menegaskan bahwa pihaknya selaku panitia pelaksana kegiatan akan bergerak cepat mempersiapkan teknis pelaksanaan. Ia akan terus berkoordinasi dengan steering committee sebagai pengarah agar kegiatan LK III yang diselenggarakan di tengah masa pendemi ini tetap bisa terlaksana dengan lancar. Secara khusus, ia juga mengajak kader-kader HMI yang telah intermediate training di wilayah Kepton untuk mengikuti kegiatan LK III HMI.

“Ini adalah momentum berharga sebab baru pertama dalam sejarah HMI di Baubau, pelaksanaan Advance Training akan diselenggarakan di Kota Baubau”, tutupnya.

 

Bagikan