Rawan Banjir, Relawan ASR Bantu Masyarakat Normalisasi Drainase

Terkini.id, Kendari – Salah satu daerah rawan yang terdampak banjir yang terletak di daerah Kelurahan Anaiwoi Kecamatan Kadia Kota Kendari. Hal tersebut pun membuat Relawan Aku Sahabat Rakyat (ASR) bergerak bersama masyarakat melakukan normalisasi drainase daerah tersebut, Minggu 25 Juli 2021.

Kordinator ASR Kota Kendari, Alvian Pradana Liambo mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian ASR terhadap daerah yang kerap kali menjadi langganan banjir pada musim penghujan.

“Musim penghujan biasanya menimbulkan banjir dan meninggalkan bekas sampah di pemukiman warga, maka dari itu warga dan relawan ASR bergerak bersama dalam upaya pembenahan pemukiman rawan banjir,” ucap Alfian kepada awak media. 

Baca Juga: Peduli UMKM di Masa PPKM, ASR Kendari Kunjungi Pengrajin Bambu

Menurutnya, selain melakukan bersih-bersih dikawasan rawan banjir, pihaknya juga menggelar dialog bersama warga setempat guna memberikan edukasi dalam upaya pencegahan dan penanganan kawasan yanb terkena banjir. 

Relawan ASR kota Kendari saat melakukan normalisasi drainase (Ket Foto: Irfan/kendariterkini.id)

“Melalui dialog seperti ini, selain kita dapat memberikan edukasi kepada masyarakat dan pemuda setempat, kita juga mendengarkan seperti apa harapan-harapan masyarakat pada kegiatan ASR selanjutnya,” pungkas Alfian. 

Baca Juga: Mayjend TNI (Purn) Andi Sumangerukka Bantu Bangun Masjid Yonif 725...

Pemuda setempat, Ardi menjelaskan, hal terpenting yang diharapkan oleh warga setempat adalah Mayjend TNI (Purn) Andi Sumangerukka dapat membantu menormalisasi drainase dan kali yang melintas di Kelurahan Anaiwoi, Kecamatan Kadia.

“Kali itu yang sudah menjadi langganan genangan air ketika musim hujan, kadang menimbulkan banjir,” jelas Ardi. 

Pihaknya juga berharap, ASR juga dapat membuatkan daerah serapan di sekitar Kelurahan Anaiwoi.

Baca Juga: Mengenal Sosok Andi Sumangerukka, Jenderal TNI yang Merakyat, Sederhana dan...

“Warga disini telah bersepakat untuk mengantarkan Dewan Pembina ASR, Bapak Mayjend TNI (Purn) Andi Sumangerukka ke kursi Gubernur Sultra,” tutupnya.

Bagikan