Lawan PMA, Harris Palisuri Dukung Pembangunan SmelterPT. Tiran Group

Terkini.id, Kendari – Tiran Group yang berencana melakukan pembangunan smelter di Konawe Utara (Konut) kembali mendapatkan dukungan, Senin 21 Juni 2021.

Sebelumnya beberapa elemen masyarakat menyatakan dukungan atas niatan baik PT Tiran Group, kali ini dukungan rencana pembangunan smelter datang dari aktivis senior di Sulawesi Tenggara (Sultra), Harris Palisuri. Ia mengapresiasi pembangunan smelter apabila tujuannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Selama kehadiran pembangunan smelter tidak merugikan rakyat dan lingkungan
hidup setempat, dan ada jaminan kehadiran smelter tingkatkan taraf hidup rakyat miskin di Konut, saya mendukungnya,” ucapnya.

Baca Juga: Wanara : PT Tiran Mineral Group Bakal jadi Masa Depan...

Haris yang juga merupakan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (Amatra) mengatakan, pihaknya yang sempat memprotes langkah PT Tiran kini mendukung pembangunan Smelter Tiran Group dengan beberapa alasan, salah satunya adalah kesejahteraan masyarakat Sultra.

“Sultra ini ditakdirkan menjadi episentrum nikel Indonesia dan miliki cadangan biji
nikel terbesar di dunia. Maka bentuk kesyukuran atas SDA ini, Pemda harus memastikan bahwa penduduk sultra dijamin sejahtera,” pungkas Haris.

Baca Juga: Pembangunan Smelter PT Tiran Bakal jadi Solusi Tenaga Kerja Lokal

Ia menilai, yang mengambil manfaat dan keuntungan terbesar atas biji nikel Sultra adalah Penanam Modal Asing (PMA)  termasuk tenaga kerja nya didatangkan dari luar seperti China.

“Dari data investasi di Sultra, Tiran Group mebuktikan sebagai pengusaha pribumi
mampu realisasikan 5 Trilyun investasi pabrik gula Bombana. Dari data ini, saya optimis bahwa Tiran Group mampu membangun Smelter dalam skema Penanaman Modal Dalam
Negeri (PMDN) dan harus didukung sebagai tandingan/melawan Penanaman Modal Asing (PMA),” tambahnya.

Haris berharap, masyarakat Konut dapat dilibatkan baik secara langsung ataupun tidak langsung  dalam mengawal pembangunan smelter.

Baca Juga: BADKO HMI Sultra Suport Rencana Pembangunan Smelter Tiran Group di...

“Saya berharap kepada masyarakat sipil terutama di Konut, untuk terlibat dan dilibatkan langsung atau tidak langsung mengawal dan memastikan bahwa
pembangunan smelter tersebut tidak merugikan rakyat setempat, memastikan jaminan pemulihan lingkungan, dan memastikan keadilan bagi pelibatan kemitraan untuk pengusaha lokal sultra
terutama pengusaha lokal di konut,” tutupnya.

Bagikan