Dinas Kehutanan Sultra Nyatakan Izin PT. Tiran Lengkap

Terkini.id, Kendari – Sebelumnya PT. Tiran diterpa isu miring, terkait perizinannya. Hal tersebut pun ditanggapi oleh Dinas Kehutanan (Dishut) Sultra dikarenakan ada yang mencatut instansi tersebut, Selasa 15 Juni 2021.

Dishut Sultra melalui Kepala Bidang Pemanfaatan Hutan Dishut Provinsi Sultra, Beni Rahardjo menegaskan PT Tiran tak melakukan penambangan ilegal. Hal ini dapat dibuktikan dengan izin lengkap dari menteri kehutanan dan rekomendasi Gubernur Sultra.

“PT. Tiran kita lihat secara umum tertib. Lengkap tidaknya kita hanya bisa melihat di Dinas kehutanan saja dan prosesnya pun hanya di daerah,” ungkap Beni di kantor Dishut Sultra.

Baca Juga: DPP PPP Bakal Kukuhkan Marsda TNI Purnawirawan H. Laode Barhim...

Ia menegaskan, PT Tiran telah memiliki Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) melalui proses didaerah.

“Rekomendasi Gubernur pun itu ada dasarnya juga, dari pertimbangan teknis, Biro Hukum dan analisis pemantapan fungsi dari balai kawasan Hutan. Jadi kalau kita lihat semua proses di daerah telah dilalui semua oleh PT Tiran,” tandasnya.

Baca Juga: DPW Sultra HKHPI Ajak untuk Sukseskan Munas KADIN di Kendari

Senada dengan Dishut Sultra, Humas PT Tiran La Pili, juga menegaskan, legalitas aktifitas pembanguan smellter seperti Izin Usaha Pertambangan (IUP), izin industri, IPPKH, Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) dan segala izin lainnya sudah ada dan telah lengkap dipenuhi.

“Kalau masih ada pihak yang mempersoalkan izin dan legalitas lainnya, maka itu sudah masuk kategori pidana karena sama dengan menghalang-halangi proses pembangunan yang sedang berjalan. Bila itu terus-terusan dilakukan bahkan mengarah kepada tindakan menghasut, maka bisa jadi akibatnya tidak hanya berurusan dengan pihak perusahaan malah nanti juga akan berurusan dengan pihak penegak hukum,” tegas La Pili, Sabtu (12/6).

La Pili juga berharap, semua pihak masyarakat mendukung pembangunan smellter yang dilakukan oleh PT Tiran.

Baca Juga: La Pili Tegaskan PT Tiran Mineral telah Miliki Legalitas yang...

“Di daerah Konawe Utara khususnya, Tiran telah mempekerjakan sejumlah 800 orang lebih mayoritas masyarakat lokal disana.  Insya Allah kalau sudah  berdiri smellter yang dilakukan oleh PT Tiran Mineral di Waturambaha saat ini, maka kedepannya akan dilakukan rekruitmen ribuan karyawan disana. Sehingga bisa menjadi lapangan kerja baru lagi bagi masyarakat lokal kita disana,” tutupnya.

Bagikan