KNPI Pusat Bakal Kongres Bersama, Ketua DPD KNPI Sultra Syahrul Beddu Beri Apresiasi

Terkini.id, Kendari – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulawesi Tenggara (Sultra) Syahrul Beddu mengapresiasi upaya penyatuan KNPI lewat Kongres bersama, Selasa 9 Maret 2021.

Untuk diketahui sebelumnya KNPI terbelah menjadi tiga kubu yakni, kubu Abdul Aziz, Noer Fajriansyah dan Mustahuddin, Ketiga kubu ini masing-masing memiliki kepengurusan di tingkat daerah.

“Kita apresiasi upaya penyatuan KNPI ini baik di tingkat pusat sampai tingkat daerah,” katanya

Baca Juga: Musda Bersama KNPI Sultra ke XV, 17 Bakal Calon Ambil...

Ia menyebut, selama ini KNPI terpecah konsentrasinya dalam pusaran saling klaim satu sama lain. Di sisi lain, pemerintah mengakui ketiga kubu tersebut.

Menurut Syahrul, dengan penyatuan ini, maka hanya satu kepengurusan KNPI ke depannya yang bisa mengakomodir kepentingan para pemuda.

Baca Juga: H. Syahrul Beddu Dukung Pencalonan Jenderal ASR sebagai Gubernur Sultra

“KNPI ini merupakan wadah organisasi pemuda di Indonesia dan diharapkan memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan nasional. Dengan penyatuan ini, maka ada harapan perbaikan organisasi dan kepemudaan ke depan,” jelasnya.

Ketua DPP KNPI Bidang ESDM ini melanjutkan, pembangunan bangsa mulai dari pusat hingga daerah butuh peran serta pemuda.

“KNPI menjadi ruang untuk mengembangkan potensi anak muda Indonesia. Di sini lah para pemuda dengan berbagai latar belakang pengetahuan bisa maksimal memberikan perannya dalam pembangunan Indonesia,” imbuh Syahrul.

Baca Juga: Musda Bersama DPD KNPI Sultra ke XV, PW GPK Sultra...

Ia menyebut, kepengurusan ditingkat daerah selama ini berjalan sesuai pengakuan pemerintah provinsi dan kabupaten atau kota.

Sebelumnya, tiga kubu Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) sepakat untuk mengadakan Rapat Pimpinan Paripurna Nasional (Rapimpurnas) dan kongres bersama.

Hal tersebut disampaikan oleh ketiga Ketua DPP KNPI, yakni Abdul Aziz, Noer Fajriansyah dan Mustahuddin melalui rilisnya, Senin 8 Maret 2021.

Ketiganya menyepakati akan mengakhiri seluruh kisruh yang selama ini terjadi di tubuh DPP KNPI pasca Kongres Papua dan KLB Jakarta sejak 6 tahun silam.

“Sejak tahun 2015 kami terpecah, hari ini kami ingin bersatu dan sepakat untuk kembali membangun KNPI secara bersama,” kata Noer Fajriansyah dalam rilisnya.

Pihaknya juga menyatakan ketiga kubu sudah membuat komitmen bersama pada surat pernyataan untuk mengakhiri dinamika pada induk organisasi kepemudaan tersebut.

 

Bagikan