Karyawan PT. Sambas Mineral Mining yang di PHK Sepihak Menang Gugatan

Terkini.id, Kendari – Konfederasi Serikat Butuh Sejahtera Indonesia (FSBSI)Karyawan PT. Sambas Mineral Mineral Mining (SMM) yang di Putuskan Hubungan Kerja (PHK) sepihak memenangkan gugatanya di Peradilan Hubungan Industrial (PHI) PengadilanNegeri Kendari, Senin, 1 Februari 2021.

Sebelumnya salah satu Karyawan PT. SMM Arsin yang telah bekerja selama 8 tahun di perusahaan tersebut di PHK sepihak oleh pihak perusahaan tanpa sebab yang jelas, berbagai cara telah ditempuh baik litigasi maupun non litigasi dan akhirnya perjuangan menuntut haknya membuahkan hasil, Dalam memperjuangkan haknya Arsin di kawal oleh DPC FSBSI Konsel

Ketua DPC FSBSI Konsel Ardianto mengatakan Berdasarkan Putusan Nomor 12/Pdt.Sus-PHI/PN.Kdi tanggal 21 Desember 2020 memenangkan pihak penggugat Arsin yang menuntut haknya setelah bekerja 8 tahun 5 bulan.

Baca Juga: DPP PPP Bakal Kukuhkan Marsda TNI Purnawirawan H. Laode Barhim...

“Uang pesangon merupakan hak bagi karyawan yang telah di PHK oleh Perusahaan dan hal tersebut dijamin oleh Undang-undang yang berlaku,” katanya.

Ia berharap kepada buruh atau karyawan yang sedang memperjuangkan hak-haknya terhadap perusahaan untuk tidak takut terhadap perusahaan, karena pihaknya dari FSBSI dari tingkat Pusat hingga Rayon siap mengawal persoalan-persoalan tersebut.

Baca Juga: DPW Sultra HKHPI Ajak untuk Sukseskan Munas KADIN di Kendari

“Kami dari FSBSI akan selalu siap mengawal persoalan-persoalan buruh yang memperjuangkan hak-haknya dan kami menghimbau kepada pihak perusahaan untuk tidak mengeyampingkan kewajibannya terhadap karyawannya,” tutupnya.

 

 

Bagikan