PMII Kota Kendari Himbau Masyarakat Tingkatkan Jiwa Nasionalisme Dengan Mewaspadai Paham Anti Toleransi

Terkini.id, Kendari – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Kendari himbau masyarakat Kota Kendari untuk meningkatakan jiwa nasionalisme dengan mewaspadai paham anti toleransi.

Khiroto Alam Achmad  selaku Ketua Cabang PMII Kota Kendari, menghimbau masyarakat harus lebih meningkatkan jiwa Nasionalisme untuk mewaspadai intoleran dengan memasang bendera merah putih pada momentum perayaan Hari Ulang Tahun (Hut) Republik Indonesia (RI) yang Ke-75 tahun.

“untuk menghargai pahlawan nasional yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), tidak cukup pemerintah saja, TNI dan Polri harus  menghimbau masyarakat yang tidak punya kesadaran untuk memasang bendera merah putih,” ungkap Khiroto Kepada Kendari Terkini.

Baca Juga: Sambut Hari Pelanggan Nasional Bank Sultra Salurkan Ribuan Paket Sembako...

“apalagi dengan kondisi bangsa hari ini yang semakin hari banyak bermunculan paham radikalisme dan anti toleransi bahkan ada juga yang anti Pancasila,” sambungnya.

ia melanjutkan, semangat kemerdekaan harusnya tidak sebatas seremonial untuk mengugurkan kewajiban saja.

Baca Juga: Satu Desa Kompak Tolak PT. Asmindo Hauling Gunakan Jalan Umum

“peringatan kemerdekaan harus mampu menumbuhkan dan mempererat persatuan dan kesatuan bangsa Karena perbedaan merupakan sebuah fitrah manusia maka kemajemukan bangsa ini adalah suatu anugrah dari Tuhan Yang Maha kuasa,” tambah khiroto.

Khiroto menambahkan, perjalanan 75 tahun bukan waktu yang singkat dalam menjalankan sebuah bangsa.

“banyak hal yang telah kita lalui mulai dari orde lama, orde baru hingga revormasi, Sebagai negara Bhinneka Tunggal Ika,dengan segala perbedaan justru membuat bangsa kita semakin kuat dan kokoh dalam menjalankan kehidupan sehari-hari dan membangun NKRI untuk Indonesia Maju sesuai dengan tema kemerdekaan kali ini,” tegas khiroto.

Baca Juga: Penolakan Kehadiran PT. Asmindo, Berbuntut Penyegelan Alat Berat

Khiroto menghimbau kepada masyarakat agar dimomentum hari kemerdekaan  masyarakat harus mampu mengintropeksi demi kemajuan bangsa.

“maka di peringatan 17 Agustus ini Masyarakat jangan hanya menjadi kan hal ini sebagai  rutinitas tahunan tapi bagaimana seluruh masyarakat memanfaatkan sebagai proses introspeksi  demi kemajuan bangsa ini,” tutup khiroto.

Bagikan