IAIN Kendari dan SEAAM Bersiap Laksanakan Konferensi Internasional tentang Transdisiplin dalam Kajian Islam

Terkini.id, Kendari – Dengan menggunakan flatform zoom meeting, dilaksanakan pertemuan pendahuluan untuk pelaksanaan persiapan konferensi internasional pada September mendatang, Rabu, 29 Juli 2020.

Turut hadir dalam rapat tersebut, Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Faizah Binti Awad. Juga hadir, Dr, Husain Insawan, Wakil Rektor Bidang Akademik IAIN Kendari.

Ismail Suardi Wekke, Ph.D., Komite Saintifik Southeast Asia Academic Mobility (SEAAM) yang bertindak selaku moderator menyampaikan bahwa selama ini SEAAM dan IAIN Kendari merupakan mitra strategis yang saling memperkuat.

Baca Juga: UD Pandawa Diduga Langgar Surat Edaran Wali Kota Kendari Terkait...

Pada tahun 2017, sudah dilaksanakan International Conference on Islam and Local Wisdom (ICLAW) dimana pada saat itu, merupakan tahun awal pembentukan SEAAM.

Dr. Supriyanto, ketika itu menjabat sebagai Direktur Pascasarjana menjadi pemrakarsa dan juga pelaksana ICLAW yang merupakan juga kerjasama IAIN Kendari dan SEAAM.

Baca Juga: Kunker di TPA Jambi, Sulkarnain Kadir Janji akan Tingkatkan TPA...

“Pada Sepetmber yang akan datang, dilaksanakan konferensi internasional sekaligus sebagai awal dalam menyambut tahun akademik baru,” kata Dr. Husain Insawan memulai penyampaian persiapan kegiatan.

Sementara itu, Rektor IAIN Kendari, Prof. Faizah mengemukakan bahwa dalam pelaksanaan konferensi intenasional, juga akan diluncurkan buku yang menjadi bagian dari rangkaian pelaksanaan kegiatan ini.

“IAIN Kendari mencanangkan untuk memperkuat publikasi. Salah satunya adalah melalui pelaksanaan konferensi. Tidak hanya dalam mendiseminasi hasil-hasil penelitian, tetapi juga terkait dengan dimana publikasi itu dapat diakses secara luas,” kata Prof. Faizah yang merupakan rektor perempuan pertama di IAIN Kendari.

Baca Juga: Kunker di TPA Jambi, Sulkarnain Kadir Janji akan Tingkatkan TPA...

Sementara itu, Ismail Suardi Wekke yang diminta konfirmasinya, mengemukakan bahwa pelaksanaan kegiatan ini merupakan prakarsa untuk menjadi wadah dalam penguatan visi kelembagaan IAIN Kendari.

“SEAAM tentu hadir sebagai pelengkap untuk mendorong terwujudnya ekosistem keilmuan di perguruan tinggi,” tutup Ismail yang pada maret lalu dilantik sebagai Visiting Professor di Fatoni University, Thailand.

Bagikan