Gelar Orientasi Pengenalan Lingkungan Sekolah Virtual, SMAN 1 Unaaha Tanamkan Integritas dan Gotong Royong
Komentar

Gelar Orientasi Pengenalan Lingkungan Sekolah Virtual, SMAN 1 Unaaha Tanamkan Integritas dan Gotong Royong

Komentar

Terkini.id, Konawe – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Unaaha menggelar masa orientasi pengenalan lingkungan sekolah (PSL) bagi peserta didik baru dengan menanamkan nilai integritas dan sifat gotong royong secara virtual atau online.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Sekolah selaku Penanggungjawab kegiatan dan dihadiri Dewan Guru dan Pengurus OSIS SMAN 1 Unaaha.

Ketua Panitia, Waode Sinta Sardi, mengungkapkan bahwa kegiatan PSL merupakan masa orientasi bagi peserta didik baru yang lulus melalui pendaftaran secara online.

“Kegiatan pengenalan lingkungan sekolah merupakan masa orientasi bagi peserta didik baru yang dinyatakan lulus melalui empat jalur yaitu jalur zonasi, jalur prestasi akademik dan non akademik, jalur afirmasi serta jalur mutasi dan anak guru dengan jumlah peserta sebanyak 360,” jelasnya saat dikonfirmasi melalui WhatsApp, Senin, 13 Juli 2020, siang.

Lebih lanjut, Sinta Sardi yang juga Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan menuturkan tujuan pelaksanaan PLS ini adalah untuk mengenal potensi diri siswa baru, membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah, dan menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar efektif sebagai siswa baru,mengembangkan interaksi positif.

“Tujuannya adalah untuk menumbuhkan motivasi,semangat dan cara belajar efektif sebagai siswa baru, mengembangkan interaksi positif antar siswa, dan menumbuhkan perilaku positif (kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih) serta sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki integritas, etos kerja dan semangat gotong royong,” tuturnya.

Sinta Sardi menambahkan, walaupun kegiatan ini dilakukan di masa pandemik namun tetap mengacu pada protokol kesehatan, sehingga siswa baru dapat mengenal lebih dekat dan beradaptasi dengan tempat menuntut ilmu (sekolah) yang baru.

“Walaupun kegiatan ini dimasa darurat pandemi Covid-19, namun tetap dijalankan berdasarkan protokol kesehatan, sehingga siswa baru dapat beradaptasi dengan lingkungan sekolahnya, menumbuhkan rasa nyaman dan menyenangkan, menciptakan dan menumbuhkembangkan pertumbuhan mental siswa yang baik dalam melaksanakan berbagai aktivitas disekolah sehingga mampu berprestasi,” pungkasnya.

Sinta Sardi berharap agar siswa memiliki keunggulan mental dan keunggulan motivasi serta memiliki karakter yang baik dalam hidup bermasyarakat.

“Semoga penyelenggaran PLS Tahun Pelajaran 2020/2021 ini dapat berjalan dengan lancar dan tujuan dari kegiatan ini dapat diimplementasikan oleh peserta didik,” harapnya.