Ketua HMJ Pendidikan Matematika UIN Alauddin, Bersama Mahasiswa UHO Presentasikan Makalah dalam ICEE

Terkini.id, Kendari – ICEE ditutup Prof. Poppy Rufaidah, Ph.D., Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Amerika Serikat, Sabtu, 6 Juni 2020.

Southeast Asia Academic Mobility (SEAAM) berkerja sama dengan STIE AMKOP Makassar, Universitas Prof. Moestopo (Beragama), Pengurus Nasional Masika ICMI dan Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN ALauddin Makassar sukses menggelar Young Scholar Panel pada ajang International Colloquium on Inveronmental Education (ICEE), 4-6 juni 2020.

Kegiatan tersebut memberikan kesempatan kepada para mahasiswa dan dosen untuk mempresentasekan makalahnya. Karena masih berada pada situasi pandemik maka presentasi mekalah peserta dilakukan secara virtual.

Baca Juga: Pelaksanaan SEARCHMACCA 2020 HMJ Pendidikan Matematika UIN Alauddin Makassar, Mengundang...

Turut bergabung juga mahasiswa dari Halu Oleo, Kendari. Baik mahasiswa jenjang sarjana maupun jenjang magister.

Dari sekian banyak pembicara, salah satu nya adalah Akmal Riswandi, mahasiswa fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar yang juga sekaligus merupakan ketua umum HMJ Pendidikan Matematika FTK UINAM.

Baca Juga: IAIN Kendari dan SEAAM Bersiap Laksanakan Konferensi Internasional tentang Transdisiplin...

Dalam kesempatan kali ini ia mempresentasekan makalah mengenai pembelajaran matematika dengan model environmental learning untuk meningkatkan kepedulian lingkungan peserta didik di sekolah dasar.

“Penggunaan model environmental learning dalam matematika akan mematahkan anggapan bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit,” kata Akmal.

“Dengan penggunaan metode ini maka matematika akan terasa menyenangkan bagi peserta didik serta dapat dimanfaatkan dalam meningkatkan peduli lingkungan para peserta didik yang dimulai dari sekolah dasar,” tuturnya dalam presentasinya pada Kamis 4 Juni 2020.

Baca Juga: HMJ Pendidikan Matematika UIN Alauddin Siapkan SEARCHMACCA, Laksanakan Seri Diskusi...

Kemudian ia mengungkapkan bahwa keikut sertaannya dalam panel ilmuwan muda ICEE 2020 merupakan kesyukuran tersendiri baginya.

Hal tersebut manjadi ajang menimba ilmu dan pengalaman akdemiknya, serta dengan adanya kegiatan tersebut maka dapat terjalin banyak relasi dengan para ilmuwan-ilmuwan muda baik secara nasional maupun internasional.

Terakhir ia berharap agar kegiatan-kegiatan akdemik seperti hal tersebut dapat terus didakan, karena itu merupakan salah satu jalan untuk melahirkan karya-karya para ilmuwan muda bangsa Indonesia dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia secara nasional.

“harapan saya agar kedepannyasemoga kegiatan-kegiatan seperti ini lebih sering diadakan agar karya-karya terbaik anak bangsa dapat terlahir” imbuhnya saat dihubungi Terkini Kendari.

Bagikan