Pasien Positif Bertambah, Dinkes Sultra Dinilai Lamban Tangani Penyebaran Covid-19

Pasien Positif Bertambah, Dinkes Sultra Dinilai Lamban Tangani Penyebaran Covid-19
Update terkini perkembangan Covid-19 Sulawesi Tenggara terkonfirmasi positif, Gugus Tugas Covid-19 Prov. Sultra (Koleksi Kendari Terkini)

Terkini.id, Kendari – Ketua Gerakan Rakyat Sulawesi Tenggara (Gerak Sultra), Herfin, menilai Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara lamban dalam menangani penyebaran Pandemi Covid-19 di wilayahnya.

Menurut Herfin, hal tersebut dapat dilihat dari terus bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang saat ini menjadi 27 jiwa dan belum adanya pemetaan daerah (Kabupaten/Kota) kategori rawan Covid-19.

“Saat ini kita bisa lihat, dengan bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Sultra yaitu 27 jiwa, dan seharusnya dinas kesehatan telah melakukan pemetaan daerah (Kabupaten/Kota) mana saja yang di kategorikan sebagai daerah rawan penyebaran Covid-19,” tuturnya saat ditemui awak media, Jum’at, 17 April 2020, siang.

Ia menambahkan, setelah menyelesaikan pemetaan daerah rawan Covid-19, harusnya dinkes melakukan Rapid Test massal.

“Setelah pemetaan rawan Covid-19, selanjutnya Dinkes melakukan Rapid Test massal agar mengetahui titik-titik penyebaran dan melakukan langkah-langkah untuk memutuskan penyebaran Covid-19 tersebut,” tambahnya.

Lanjutnya, kata Herfin, pembagian masker bedah yang dilakukan ke pedagang beberapa waktu lalu tidak tepat sasaran, dan menurutnya masker yang dibagikan harusnya masker yang terbuat dari kain.

“Pembagian masker bedah kepada pedagang tidak tepat sasaran, seharusnya diberi masker kain untuk pedagang (masyarakat), masker bedah dibagi ke tenaga kesehatan”, tukasnya.

Dirinya berharap agar Dinas Kesehatan Sultra lebih tanggap dan dapat mengetahui daerah rawan terkena Covid-19 sehingga dapat dilakukan langkah-langkah pencegahan.

“Saya berharap Dinas Kesehatan Provinsi lebih tanggap dan mengetahui daerah mana saja yang rawan akan terkena wabah Covid-19, agar dapat melakukan langkah-langkah pencegahan,” tutupnya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Cegah Meluasnya Penyebaran Covid-19 di Kota Kendari, DPRD Kota Kendari Bersama Relawan Lakukan Penyemprotan dan Sterilisasi

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar