PP Jamindo : Pemerintah Pusat Harus Berani Berlakukan Lockdown

Terkini.id, Kendari – Ketua Umum Pengurus Pusat Jaringan Advokasi Masyarakat Indonesia (PP Jamindo), Muhammad Gilang Anugrah (MGA), mengatakan pemerintah pusat sudah seharusnya berani memberlakukan karantina wilayah atau Lockdown, Rabu 1 April 2020, siang.

Ia mengungkapkan bahwa anggaran Ibu Kota baru bisa digunakan untuk membantu daerah-daerah jika sistem Lockdown nantinya diterapkan.

“Pemerintah pusat bisa menggunakan anggaran Ibu Kota baru dalam APBN 2020 yang mencapai Rp. 419,2 Triliun tersebut yang nantinya akan dialokasikan ke 514 kabupaten/kota”, jelasnya saat dihubungi via whatsapp, Rabu 1 April 2020.

Baca Juga: PP Jamindo Kecam PT Bososi Pratama, Yang di Duga Kembali...

Berdasarkan data dari pemerintah pusat yang masuk hingga Selasa, 31 Maret 2020, pukul 12.00 WIB, total kasus Covid-19 sebanyak 1.528 dan kemungkinan akan terus bertambah.

Aktivis asal Sulawesi Tenggara ini juga menuturkan beberapa daerah telah memberlakukan Lockdown tanpa mengikuti anjuran dari pemerintah pusat.

Baca Juga: HMI : Antara Mati dan Solusi di Tengah Pandemi Covid-19

“Sekarang sudah berapa kabupaten/kota yang telah melakukan karantina wilayah (Lockdown), tanpa berkoordinasi ke pemerintah pusat, karena pada prinsipnya yang mengetahui kondisi daerah tersebut yaa pemerintah daerah itu sendiri bukan pemerintah pusat”, tuturnya.

Bagikan